Jumat, 04 Januari 2013

Telaah Buku Teks


TELAAH KURIKULUM DAN BUKU TEKS

a.         Judul Buku      : Bahasa Indonesia Untuk SMP Kelas VII
b.         Penyusun         : Nurhadi, Dawud dan Yuni Pratiwi
c.         Tebal Buku      : 248 Lembar
d.         Harga Buku     : -
e.         Penerbit           : Erlangga
f.          Tahun Terbit    : 2007
g.         ISBN               : 978 – 979 – 015 – 155 – 4


1)      Cover
Buku Bahasa Indonesia ini memiliki cover berwarna gladiasi dari coklat muda sampai berwana coklat tua. Di pojok kanan atas terdapat tulisan KTSP standar isi 2006, sedangkan di pojok kiri atas terdapat nama-nama penyusun buku ini. Di tengah-tengah cover terdapat tulisan Bahasa Indonesia yang besar, kemudian dibawahnya ditulis untuk SMP Kelas VII, kemudian diikuti gambar-gambar pendukung bahwa buku ini adalah buku paket untuk sekolah. Di bawah sebelah kiri terdapat huruf 1 yang menandakan bahwa buku ini untuk semester satu, kemudian di pojok kanan bawah terdapat tulisan penerbit Erlangga. Keadaan buku ini sangat lusuh, banyak lipatan-lipatan yang membuat cover terdapat putih-putih bekas lipatan. Tapi secara keseluruhan cover dalam buku ini sudah cukup terlihat menarik.

2)      Tujuan
Tujuan terlahirnya buku ini adalah untuk melatih siswa membaca, menulis, berbicara, mendengarkan, dan mengapresiasi karya sastra. Tujuan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia adalah melatih siswa meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia, baik lisan maupun tulisan secara nyata.

3)      Pendekatan atau Sudut Pandang
Penyajian buku ini menggunakan pendekatan komunikatif dan konstektual (Contextual Teaching and Learning [CTL]) agar lebih bermakna bagi siswa dengan menyajikan materi/bacaan yang dekat dengan sehari-hari.

4)      Daftar Isi
Kata Pengantar     ……………………………………………………….    V
Daftar Isi               ……………………………………………………….    VI

Pelajaran 1             Pengalaman Mengesankan   ………………………....   1
Bagian Kesatu       Menceritakan Pengalaman yang Paling
                              Mengesankan dengan Menggunakan Pilihan Kata
                              dan Kalimat Efektif   ………………………………..   2
Bagian Kedua       Menulis Buku Harian atau Pengalaman Pribadi
                              dengan Memperhatikan Cara Pengungkapan dengan
                              Bahasa yang Baik dan Benar   ………………………   8
Bagian Ketiga       Menceritakan Kembali Cerita Anak yang Dibaca …..    15
Bagian Keempat   Menunjukkan Hubungan Isi Dongeng dengan
                              Situasi Sekarang   …………………………………...    23

Pelajaran 2             Hikmah Kehidupan   ………………………………..    31
Bagian Kesatu       Bercerita dengan Urutan yang Baik, Suara, Lafal,
                              Intonasi, Gestur, dan Mimik yang Tepat   …………..    32
Bagian Kedua       Menulis Pantun yang Sesuai dengan Syarat
                              Pantun   ……………………………………………...   37
Bagian Ketiga       Mengomentari Buku Cerita Anak yang Dibaca   ……   43
Bagian Keempat   Menemukan Hal-Hal yang Menarik dari Dongeng
                              yang Diperdengarkan   ………………………………   48

Pelajaran 3             Persahabatan itu Indah   …………………………….    55
Bagian Kesatu       Menemukan Makna Kata Tertentu dalam Kamus
                              Secara Cepat dan Tepat Sesuai dengan Konteks
                              yang Diinginkan Melalui Kegiatan Membaca
                              Memindai   ………………………………………….    56
Bagian Kedua       Menulis Surat Pribadi dengan Memperlihatkan
                              Komposisi, Isi, dan Bahasa  ………………………...    60
Bagian Ketiga       Bercerita dengan Urutan yang Baik, Suara,
                              Lafal, Intonasi, Gestur, dan Mimik yang Tepat  ……    65
Bagian Keempat   Menuliskan Kembali Berita yang Dibacakan ke
                              Dalam Beberapa Kalimat   ………………………….    70
Pelajaran 4             Hidup adalah Perjuangan   ………………………….    75
Bagian Kesatu       Menyimpulkan Isi Bacaan Setelah Membaca
                              Cepat 200 Kata per Menit   ………………………...     76
Bagian Kedua       Menyimpulkan Isi Berita yang Dibacakan dalam
                              Beberapa Kalimat   …………………………………     82
Bagian Ketiga       Menulis Kembali dengan Bahasa Sendiri Dongeng
                              yang Pernah Dibaca atau Didengar   ……………….     88
Bagian Keempat   Bercerita dengan Alat Peraga   ……………………..     93

Pelajaran 5             Aktif dalam Kegiatan Kreatif   …………………….     99
Bagian Kesatu       Menulis Teks Pengumuman dengan Bahasa yang
                              Efektif, Baik, dan Benar   ………………………….     100
Bagian Kedua       Menyampaikan Pengumuman dengan Intonasi yang
                              Tepat serta Menggunakan Kalimat-Kalimat yang
                              Lugas dan Sederhana   ……………………………..     105
Bagian Ketiga       Membacakan Berbagai Teks Perangkat Upacara
                              dengan Intonasi yang Tepat   ……………………….    109
Bagian Keempat   Menunjukkan Relevansi Isi Dongeng dengan
                              Situasi Sekarang   …………………………………..     113

Pelajaran 6             Manusia dan Lingkungannya   ……………………..     121
Bagian Kesatu       Menulis Kreatif Puisi Berkenaan dengan Keindahan
                              Alam   ……………………………………………….    122
Bagian Kedua       Menemukan Gagasan Utama dalam Teks yang
                              Dibaca   …………………………………………….     126
Bagian Ketiga       Bertelepon dengan Kalimat yang Efektif dan
                              Bahasa yang Santun   ………………………………     134
Bagian Keempat   Menuliskan dengan Singkat Hal-Hal Penting yang
                              dikemukakan Narasumber dalam Wawancara  …….     142

Pelajaran 7             Pahlawan dalam Kehidupan
Bagian Kesatu       Merefleksikan Isi Puisi yang Dibacakan   ………….     154
Bagian Kedua       Menulis Kreatif Puisi Berkenaan dengan Peristiwa
                              yang Pernah Dialami   ………………………………    159
Bagian Ketiga       Membaca Indah Puisi dengan Menggunakan Irama,
                              Volume Suara, Mimik, Kinesik yang Sesuai dengan
                              Isi Puisi   ……………………………………………     164
Bagian Keempat   Menceritakan Tokoh Idola dengan Mengemukakan
                              Identitas dan Keunggilan Tokoh, serta Alasan
                              Mengidolakannya dengan Pilihan Kata yang
                              Sesuai   ……………………………………………..     170

Pelajaran 8             Perjalanan Karier   ………………………………….     177
Bagian Kesatu       Menyimpulkan Pikiran, Pendapat, dan Gagasan
                              Seorang Tokoh/Narasumber yang Disampaikan
                              dalam Wawancara   ………………………………..      178
Bagian Kedua       Mengubah Teks Wawancara Menjadi Narasi
                              dengan Memperhatikan Cara Penulisan Kalimat
                              Langsung dan Tak Langsung   …………………….      182
Bagian Ketiga       Menjelaskan Hubungan Latar Suatu Cerpen
                              (Cerita Pendek) dengan Realitas Sosial   ………….      186
Bagian Keempat   Menemukan dan Menyampaikan Informasi secara
                              Cepat dari Tabel/Diagram yang Dibaca   …………       192

Pelajaran 9             Keteladanan Tokoh   ……………………………....      197
Bagian Kesatu       Mengungkapkan Hal-hal yang Dapat Diteladani
                              dari Buku Biografi yang Dibaca Secara
                              Intensif   ……………………………………………     198
Bagian Kedua       Menceritakan Tokoh Idola dengan Mengemukakan
                              Identitas dan Keunggulan Tokoh, serta Alasan
                              Mengidolakannya dengan Pilihan Kata yang
                              Sesuai   ……………………………………………..     205
Bagian Ketiga       Menanggapi Cara Pembacaan Puisi   ………………      211
Bagian Keempat   Menulis Kreatif Puisi Berkenaan dengan Peristiwa
                              yang Pernah Dialami   ……………………………...     217

Pelajaran 10           Disiplin Berawal dari Diri Sendiri   ………………..      223
Bagian Kesatu       Menemukan Gagasan Utama dalam Teks yang
                              Dibaca   …………………………………………….     224
Bagian Kedua       Menulis Pesan Singkat Sesuai dengan
                              Menggunakan Kalimat Efektif dan Bahasa
                              yang Santun   ……………………………………..        228
Bagian Ketiga       Menulis dengan Singkat Hal-Hal Penting yang
                              Dikemukakan Narasumber dalam Wawacara   …...        233
Bagian Keempat   Menanggapi Cara Pembacaan Cerpen   …………...       239

Daftar Pustaka      ……………………………………………………..       246

5.   Materi
Standar Kompetensi         : Berbicara
Materi                                :
1.   Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif. (Pelajaran 1 halaman 1-7)
2.   Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal dan intonasi yang tepat (Pelajaran 2 halaman 32-37)
3.   Bercerita dengan urutan yang baik, suara, laval, intonasi, gesture dan mimik yang tepat (Pelajaran 3 halaman 65-70)
4.   Menyampakan pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar (Pelajaran 5 halaman 100-104)
5.   Bercerita dengan alat peraga (Pelajaran 4 halaman 93-98)
6.     Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun (pelajaran 6, halaman 134-141)
7.     Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas dan keunggulan tokoh, serta alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai (pelajaran 7, halaman 170-176)
8.     Menjelaskan hubungan latar suatu cerpen (cerita pendek) dengan realitas sosial (pelajaran 8, halaman 186-191)
9.     Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas dan keunggulan tokoh, serta alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai (pelajaran 9, halaman 205-210)
10.   Menanggapi cara pembicaan cerpen (pelajaran 10, halaman 239-245)

Standar Kompetensi         : Menulis
Materi                                :
1.     Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa baik dan benar (Pelajaran 1 halaman 8-15)
2.     Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun (Pelajaran 2 halaman 37-43)
3.     Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi dan bahasa. (Pelajaran 3 halaman 60-70)
4.     Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibacakan atau didengarkan (Pelajaran 4 halaman 88-92)
5.     Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektifm baik dan benar (Pelajaran 5 halaman 100-104)
6.     Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam (pelajaran 6, halaman 122-125)
7.     Menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami (pelajaran 7, halaman 159-163)
8.     Mengubah teks wawancara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung (pelajaran 8, halaman 182-185)
9.     Menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami (pelajaran 9, halaman 217-222)
10.   Menulis pesan singkat sesuai isi dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun (pelajaran 10, halaman 228-232)

Standar Kompetensi         : Membaca
Materi                                :
1.     Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca (Pelajaran 1 halaman 15-22)
2.     Mengomentari buku cerita anak yang dibaca (Pelajaran 2 halaman 43-54)
3.     Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai (Pelajaran 3 halaman 56-60)
4.     Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit (Pelajaran 4 halaman 76-82)
5.     Membaca berbagai perangkat teks upacara dengan intonasi tepat (Pelajaran 5 halaman 109-112)
6.     Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca (pelajaran 6, halaman 126-133)
7.     Membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimik, kinesik yang sesuai dengan isi puisi (pelajaran 7, halaman 164-169)
8.     Menjelaskan hubungan latar suatu cerpen (cerita pendek) dengan realitas sosial (pelajaran 8, halaman 186-191)
9.     Mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif (pelajaran 9, halaman 198-204)
10.   Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca (pelajaran 10, halaman 224-227)

Standar Kompetensi         : Mendengarkan
Materi                                :
1.     Menunjukan hubungan isi dongeng dengan situasi sekarang (Pelajaran 1 halaman 23-30)
2.     Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan (Pelajaran 2 halaman 48-54)
3.     Menunjukan relevansi isi dengan situas sekarang (Pelajaran 5 halaman 113-120)
4.     Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat (Pelajaran 3 halaman 70-74)
5.     Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat (Pelajaran 4 halaman 76-82)
6.     Menuliskan dengan singkat hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara (pelajaran 6, halaman 142-152)
7.     Merefleksikan isi puisi yang dibacakan (pelajaran 7, halaman 154-158)
8.     Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seoranng tokoh/narasumber yang disampaikan dalam wawancara (pelajaran 8, halaman 178-181)
9.     Menanggapi cara pembacaan puisi (pelajaran 9, halaman 211-216)
10.   Menuliskan dengan singkat hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara (pelajaran 10, halaman 233-238)

6.   Sarana/Media Pembelajaran
      a.     Pelajaran 1
Ø  Teks bacaan berupa buku harian
Ø  Buku kumpulan cerita anak
      b.    Pelajaran 2
Ø  Cerita pendek untuk membubuhi tanda-tanda intonasi
Ø  Contoh puisi lama
Ø  Buku kumpulan cerita anak
      c.     Pelajaran 3
Ø  Kamus
Ø  Contoh surat pribadi
Ø  Wacana berupa dongeng
Ø  Contoh berita (audio-visual dan wacana)
      d.    Pelajaran 4
Ø  Contoh wacana untuk latihan membaca cepat
Ø  Contoh berita
Ø  Buku kumpulan dongeng
Ø  Alat peraga untuk membantu anak bercerita
Ø  Majalah atau surat kabar
      e.     Pelajaran 5
Ø  Teks pengumuman
Ø  Berbagai teks yang menjadi perangkat upacara
Ø  Buku kumpulan dongeng
      f.     Pelajaran 6
Ø  Lirik lagu
Ø  Contoh teks puisi
Ø  Contoh artikel
Ø  Contoh dialog
      g.     Pelajaran 7
Ø  Contoh teks puisi
Ø  Foto tokoh idola
      h.    Pelajaran 8
Ø  Rekaman wawancara
Ø  Teks wawancara
Ø  Contoh cerpen
Ø  Contoh tabel dan diagram
      i.      Pelajaran 9
Ø  Buku biografi
Ø  Contoh puisi
      j.     Pelajaran 10
Ø  Contoh surat kabar
Ø  Kamus Bahasa Indonesia
Ø  Contoh memo
Ø  Cerpen

7.   Bahasa yang digunakan
Bahasa yang digunakan dalam buku ini sangatlah sederhana sehingga mudah dipahami oleh siswa, cara penyampaian materinya pun tidak terlalu berbelit-belit.








8.   Kesesuaian Standar Kompetensi (SK) dan Materi
No.
SK/
KD
Uraian KD

%
Ket.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
BERBICARA



2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan kata dan kalimat yang efektif












2.2 Menyampaikan penggumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas.











6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal,intonasi, gesture, dan  imik yang tepat












6.2 Bercerita dengan alat peraga











Menulis



4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara peng-ungkapan dan bahasa yang baik dan benar












4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa












4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar peraga












8.2. Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang
pernah dibaca atau didengar











Membaca



7.1. Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca












7.2. Mengomentari buku cerita yang dibaca












3.1. Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai












3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit












3.3  Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi    yang tepat











Mendengarkan



5.1 Menemukan hal-hal menarik dari dongeng yang     diperdengarkan












5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng yang diperdengarkan dengan situasi sekarang












1.1.Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat












1.2.Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa
Kalimat












9.   Kelebihan dan Kekurangan Buku
Materi pembahasan yang disertakan dengan contoh seperti gambar simulasi tentang materi misalnya pembahasan mengenai wawancara, materi tersebut mencantumkan sebuah gambar dimana gambar tersebut sedang melakukan sesi wawancara atau ada pula tentang menonton drama ada pula dalam materi tersebut gambar tentang pertunjukkan dramanya, serta gambar-gambar lain seperti denah gambar dan poster. Ada pula berupa bentuk teks misalnya petikan drama, teks laporan, teks berita. Hal itu baik untuk memdahkan peserta didik dalam memahami sebuah materi jika dalam buku tersebut terdapat contoh-contoh seperti yang telah dijelaskan.
Bahasa yang digunakan sangat sederhana sehingga mempermudah peserta didik dalam memahami setiap materinya. Kemudian pembahasannya tidak terlalu berbelit-belit atau tidak terlalu basa-basi
 




10.   Kesimpulan
            Buku Berbahasa dan Bersastra Indonesia ini diperuntukan kelas VII SMP/MTS. Materi pembelajaran buku ini mengacu pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia. Dalam kajian materinya meliputi empat aspek berbahasa yaitu, aspek mendengarkan, aspek berbicara, aspek membaca, dan aspek menulis.Buku ini pun menggunakan bahasa yang sederhana sehingga memudahkan para peserta didik dalam memami sebuah materi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jika ingin 'copas' silahkan tulis alamat email anda. Terimakasih